Cari

Wopie-chan

catatan random seorang iim

Aliran Rasa Level 12, Keluarga Multimedia

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah Tabaarakallahu, Level 12 selesai. Dan bersamaan dengan berakhirnya kuliah Bunda Sayang #2.

Keluarga Multimedia adalah tema terakhir di tantangan Bunsay.

Merasakan selama 17, memakai dan memanfaatkan teknologi, dalam hal ini platform di internet, untuk kehidupan sehari-hari.

Bagaimana rasanya?

Seru. Padahal platform-platform itu sebagian besar sudah biasa digunakan, namun terasa berbeda ketika mereview nya dengan serius 😆 Kebermanfaatan nya lebih terasa gitu

Dan untuk platform yang baru dikenal, baru pertama kali dicoba karena tantangan ini, pengalaman baru itu menyenangkan. Ah ternyata bisa ya. Ah, ternyata begini. Ah moment ini yang sungguh saya suka 💜

Jadi tahu, aplikasi mana yang memang benar benar bermanfaat dan pas untuk kita, dan yang hanya untuk kesenangan sesaat saja 😛 #eeaa

Membaca review teman teman lain, kadang membuat saya semakin kagum dengan emak emak kece ini.

Memanfaatkan teknologi untuk pengasuhan dengan berbagai macam aplikasi dan platform, yang jujur, saya belum pernah coba. Aplikasi untuk ibu hamil, menyusui, balita, tumbuh kembang anak, permainan edukatif anak, Montessori dsb. Belum lagi tentang home education, home schooling dsb. Keren.

Semoga suatu saat saya bisa memakai nya juga. 😆 Aamiin.

Teknologi dari hari ke hari terus berkembang. Di camilan rabu dan review level 12 yg dibagikan, berisi pentingnya bagi kita untuk memanfaatkan teknologi sebaik mungkin sesuai tujuannya. Jangan sampai kita tertinggal. Dan jadilah fasilitator terbaik untuk anak-anak kita.

Pada generasi milenial saat ini, dan generasi generasi selanjutnya, teknologi tentu akan lebih canggih lagi. Penting bagi kita untuk selalu update. Kekinian.

Dan jadikan keluarga kita juga keluarga kekinian dan bermanfaat. Keluarga Multimedia.

Agar sekeluarga siap untuk menghadapi tantangan kehidupan ke depannya!

Semoga bermanfaat! Tabarakallahu!

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Iklan

EdX

Bismillahirrahmanirrahim

Review hari ini adalah tentang platform EdX

Aplikasi kursus online dari universitas terkemuka di dunia.

Free!

Bayar kalau mau sertifikatnya.

Serasa kuliah di MIT, Harvard, Columbia University, dsb.

Ada banyak course dengan berbagai macam bidang, mulai dari seputar IT, science, bahasa ekonomi dsb. Tinggal pilih.

Bahasa pengantarnya tentu bahasa Inggris, jadi siap siap effort yang lebih, kalau bahasa Inggris nya belum bisa dapat score IELTS atau TOEFL yang mumpuni 😆 #inimahsaya #curhat

Seru deh misal, universitas universitas di Indonesia berkolaborasi bikin yang seperti ini. Dengan sentuhan kearifan Indonesia.

Tabaarakallahu!

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Couchsurfing

Bismillahirrahmanirrahim

Review platform hari ini adalah salah satu sosial media untuk traveller 😄

Couchsurfing.

Siapa yang kalau travelling atau jalan jalan atau backpackeran, pasti ngitung budget dulu? Buat penginapan, makan, jajan dan sebagainya. Selain tentu juga itenerary nya. Mau kesini atau kesana. Belum lagi kalau bareng teman. Mengatur tujuan yang dimau dan sebagainya. Kalau sendiri, mau kemana aja~

Semua traveler itu mah yaa 😄

Saya termasuk juga dong, walau ga detail banget. Maklum masih pemula. Hhehe.

Namanya sosial media, di CS (singkatan dari Couchsurfing) ada fitur nambah teman juga. Ada inbox dsb.

Platform ini membantu traveler untuk mencari teman di tujuannya. Apakah bisa untuk tempat menginap, atau sekedar ketemuan saja atau lihat suatu event.

Nanti kita bisa saling memberikan testimoni #eeaa tentang sesama anggota CS yang kita temui.

Misal kalau kita menginap di umah seseorang, kita bisa kasi coment tentang tuan rumah kita, gimana hospitality nya, keramahan dan sebagainya. Positif atau negatif.

Pun sebaliknya, jika kita tuan rumah, kita bisa memberikan coment tentang surfer yang nginap di rumah kita. Tentang gimana sikapnya ke tuan rumah, atau gimana nya. Positif atau negatif.

Positif atau negatifnya tuan rumah (host) maupun tamu (surfer) ini menjadi acuan anggota lain yang mau menjamu atau numpang nginep. Kalau banyak negatif yaa mikir-mikir, baik mau nginep maupun menjamu.

Setiap tuan rumah, berhak menentukan tamu yang seperti apa yang boleh nginep di rumahnya.

Pun sebaliknya, tamu boleh milih tuan rumah yang kaya apa yamg mau diinepi.

Atau mau sekedar ketemuan dan chit chat juga bisa.

Karena free, ga bayar, alias gratis, tentu sudah sepantasnya tamu memberikan sesuatu dengan membawa oleh-oleh khas tempat tinggalnya bagi tuan rumah. Walau tidak wajib sih. Pun sebagai tamu kita harus menyediakan waktu untuk ngobrol dengan tuan rumah, bertukar cerita, tukar pengalaman. Itu seru lho!

Pun tuan rumah sepantasnya menjamu tamu. Mininal yaa tempat layak untuk tidur. Ini bukan berarti kamar ya. Ada yg tidur di ruang keluarga atau sharing room sama anggota keluarga. Setiap host punya kebijakan masing-masing, sesuai dengan kebijakan keluarga nya.

Seperti saya, saya hanya mengizinkan perempuan yang menginap di rumah. Karena bakal sekamar sama saya. Dan saya harus izin orang tua dulu. Karena harus izin, maka tamu harus menjelaskan detail informasi pada saya dan saya menyampaikan pada orang tua. Saya sampaikan juga aturan di rumah saya.

Memakai pakaian yg sopan versi orang timur, ketemu dengan orang tua saya, ga bawa alkohol dan merokok juga tidak melakukan hal hal tsb di rumah, jam malam ditepati dsb. Saya juga menyampaikan bahwa di rumah saya pagi di mulai pukul berapa, jam berapa maksimal pulang dsb.

Di CS ini saya bertemu dengan banyak orang dari banyak negara, bahkan ada yang karena akrab nya jadi kaya saudara.

Kapan kapan, saya akan ceritakan teman teman dan tamu tamu saya. Menyenangkan!

Semoga informasi ini bermanfaat!

Tabaarakallahu!

#couchsurfing

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d15 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Review hari ini adalah tentang platform goodreads.

Sosial media nya pecinta buku.

Saya suka website ini. Membuat saya tahu, buku ini pas atau tidak untuk dibaca, dibeli, lalu dikoleksi, atau cukup pinjam dan dibaca saja 😆 #penting #kekepdompet #kekepatm

Review dan ratingnya menjadi pertimbangan tersendiri untuk memilih buku.

Pun misal kita mau mencari buku yang kita banget bisa cari berdasarkan genre atau rekomendasi dari goodreads.

Dan saya selalu suka spoiler yang kadang bertebaran di review nya 🙈 Hehhehe.

Seperti sosial media, disini juga bisa menambahkan teman, mengikuti grup dsb nya.

Selain itu juga bisa unduh aplikasi nya di playstore atau iOS.

Tabaarakallahu

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d14 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini saya akan mereview sebuah website yang (pernah) sangat membantu saya mencintai dunia programming.

Code Academy.

Website ini menyenangkan. Utk yang ingin belajar mendalami dunia programming dan komputer terkini. Apalagi teknologi yang dari hari kehari update dengan cepat.

Misal mau belajar web programming, ada java script, html, dsb.

Atau tentang database, bisa belajar SQL dimari.

Atau mau belajar tentang Phyton (ini bukan ular, tapi bahasa pemrograman) atau Ruby (bukan perhiasan, tapi bahasa pemrograman juga) 😆

Sudah hampir 5 tahun saya pensiun dari dunia perkodingan, maka website ini sungguh adalah website yang tepat untuk sekedar bernostalgia (bagi saya).

Bagi teman-teman yang butuh, yang ingin belajar programming tanpa perlu ketemu dosen #eh bisa dikerjakan di rumah, maka website ini cocok untuk anda.

Pernah dengar/baca seorang nenek dari Jepang yang jadi developer iOS. Jadi kenapa takut untuk mencoba?

Semoga bermanfaat!

Tabaarakallahu.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d14 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini saya akan mereview sebuah website yang (pernah) sangat membantu saya mencintai dunia programming.

Code Academy.

Website ini menyenangkan. Utk yang ingin belajar mendalami dunia programming dan komputer terkini. Apalagi teknologi yang dari hari kehari update dengan cepat.

Misal mau belajar web programming, ada java script, html, dsb.

Atau tentang database, bisa belajar SQL dimari.

Atau mau belajar tentang Phyton (ini bukan ular, tapi bahasa pemrograman) atau Ruby (bukan perhiasan, tapi bahasa pemrograman juga) 😆

Sudah hampir 5 tahun saya pensiun dari dunia perkodingan, maka website ini sungguh adalah website yang tepat untuk sekedar bernostalgia (bagi saya).

Bagi teman-teman yang butuh, yang ingin belajar programming tanpa perlu ketemu dosen #eh bisa dikerjakan di rumah, maka website ini cocok untuk anda.

Pernah dengar/baca seorang nenek dari Jepang yang jadi developer iOS. Jadi kenapa takut untuk mencoba?

Semoga bermanfaat!

Tabaarakallahu.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d13 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Review aplikasi hari ini adalah aplikasi iPusnas

Perpustakaan Nasional versi online 💜

Koleksi buku nya, ada banyak banget, tinggal search pakai judul atau tema yang kita inginkan. Nanti muncul deh.

Dari ensiklopedi sampai komik ada. Dan ini ga bajakan. Resmi. Suka banget ga sih.

Disini kita bisa pinjam buku juga.

Dan kalau bukunya rame yang mau pinjam yaa kita ngantri 💜

Sangat direkomendasikan bagi para pecinta buku dan ebook. Walau yaa, sensasi bau buku nya ga ada 😆😆

Tapi seenggaknya aplikasi ini sangat membantu. Kalau mau beli tapi ragu dan pengen tahu isinya.

Daftarnya juga gampang. Tinggal pakai email dan nomer hape.

Semoga bermanfaat!

Tabarakallahu

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d12 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini saya akan mereview tentang aplikasi Electa.

Bagi para peserta Bunsay, yang menerima materi dari Bu Septi menggunakan WizIQ, electa mirip sekali dengan WizIQ.

Sama sama aplikasi untuk webminar.

Hanya memang ada beberapa perbedaan yang saya rasakan. Secara tampilan saya suka tampilan electa yang lebih warna warni di banding WizIQ. Hanya saya belum tahu apakah di electa bisa muncul wajah pemate seperti halnya wajah Bu Septi muncul di WizIQ.

Bisa jadi karena ketika di WizIQ saya sebagai peserta saja, sedang di electa, menjadi bagian dari admin.

Tapi sebagai yang baru menemukan aplikasi seperti electa dan WizIQ saya semakin meyakini, bahwa teknologi bisa menjadi support sistem belajar yang bermanfaat.

Tabaarakallahu!

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

#d11 #level12 #bunsay

Bismillahirrahmanirrahim

Review ala saya hari ini masih tentang aplikasi sejuta umat #ehm #bahasanya

WhatsApp

Aplikasi chatting yang Alhamdulillah, membawa banyak manfaat bagi saya.

Kuliah online IIP via WhatsApp.

Grup Wali Santri via WhatsApp.

Video Call dengan teman di pulau berbeda via WhatsApp.

Koordinasi pekerjaan, komunitas, organisasi, via WhatsApp.

Yes.

Hari hari saya dan mungkin anda juga, sangat dipenuhi oleh aplikasi ini.

Pernah merasakan chat ribuan dari puluhan grup. Yes, saya pernah. Padahal saya bukan online shop. 😆

Namanya aplikasi chatting, tentu sebagian besar isinya adalah ngobrol. Hahaha, Hihihi, tanya kabar sana sani bahkan juga gosip sana sini. #ehm

Tak jarang hoax beredar.

Belum lagi, kalau sudah ribuan, mau baca satu satu udah ga sanggup. Yawdah clear chat aja.

Fitur di WhatsApp memang beraneka ragam dan membuat kita makin betah untuk terus chatting. #eeaa

Malas nulis? Pakai voice note aja

Kirim foto, video dsb

Pesan yang penting bisa kita bintangin agar bisa dibaca nanti nanti.

Manfaat yaa 😆

Memudahkan banget.

Tapi jangan sampai segala fitur ini melenakan kita dari hal hal penting utama dalam hidup kita.

Tabaarakallahu!

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Blog di WordPress.com.

Atas ↑