Assalamualaykum.
Bismillahirramanirrahim.

Besok Nyepi 🙂 Sudah tau kan Nyepi itu apa? Hari Raya untuk teman-teman kita yang beragama Hindu ^^ lebih lengkapnya, monnggo langsung cek di om gugel yaw 🙂

Jadi~ karena sudah dari lahir di Bali, saya sudah merasakan suasana Nyepi setiap tahunnya.

Selama Nyepi berlangsung, teman-teman Hindu melakukan ibadahnya dengan khusyu dan tenang, lalu yang beragama lain, yang muslim bagaimana? -Lakum dii nukum waliyadin- Tentu saja tidak mengganggu ibadah teman-teman Hindu ^^ Tidak mengganggu ketenangan mereka. Jadi selama 24 jam tidak ada kendaraan yang lewat kecuali darurat.

Kata mama, waktu kecil rata-rata anak-anak mama menangis karena saat malam lampu tidak dinyalakan. Jadi mereka cepat-cepat ditidurkan. Kalau pun lampu mau dinyalakan, maka diusahakan agar cahaya lampu tidak tampak dari luar. Jadi jendela-jendela dan ventilasi ditutupi koran atau kardus *pengalaman pribadi* 🙂

Kalau ditanya bagaimana rasanya, saya pribadi cukup menyukai suasana Denpasar dikala Nyepi. Pernah merasakan hari-hari di kota tanpa suara kendaraan? Tanpa kebisingan lalu lalang dll? Hanya saat Nyepi. Saking sunyinya jika ada yang kendaraan yang lewat pasti suaranya jelas sekali. Intinya suasana hening. ❤

Bagaimana kalau malam? Jika cuaca sedang cerah, langit malam Denpasar indah sekali

Lalu kegiatan seharian? Tidur terus gitu? *nyengir* Ya ngga lah 🙂 Walau tidak ada saluran TV disaat Nyepi, tapi dizaman canggih gini kan ada harddisk external yang isinya penuh dengan drama korea dan anime :p *itu iim mah* Tapi jangan kuatir, tempat penyewaan DVD juga selalu ramai kok setiap menjelang Nyepi ^^

Tentu ga hanya nonton aja seharian yaa. Memanfaatkan seharian yang ga kemana-mana juga bisa dengan beribadah lebih lho~ tilawah lebih banyak, sholat sunnah lebih banyak dsb.

Kalau hujan datang sih, biasanya yaa ujung-ujungnya ketemu bantal juga sih. Secara udara sejuk mengundang sih, siapa yang bisa menolak :p *nyengir*

Oiya, Nyepi, tidak lengkap tanpa Ogoh-Ogoh. Untuk mengetahui apa itu ogoh-ogoh, mangga nanya lagi ke om gugel yang baik ^^ Sewaktu saya kecil, jujur, saya sempat takut lho. Secara ogoh-ogoh besar dan menyeramkan. Apalagi ada dimana-mana *saat lebih besar akhirnya tau, bahwa setiap banjar membuat ogoh-ogohnya sendiri, dan terkadang tidak hanya satu :)*. H-1 Nyepi, yaitu hari ini, ogoh-ogoh diarak. Dari banjar tempat dibuat, keliling desa/banjar atau dibawa ke pusat kota, di Lapangan Catur Muka. Jadi seperti pawai gitu ^^ Ramai. Tema ogoh-ogohnya pun tidak ‘semenyeramkan’ saat saya masih kecil, sekarang bervariasi. Ada yang ipin upin, spongebob, patrick, dementor -makhluk penghisap jiwa diHarry Potter-, atau hewan. Ada juga yang mengangkat tema-tema yang sedang terkini, seperti anjing koruptor 🙂

Jadi, apa yang akan saya lakukan besok? Niatnya belajar membuat kue ^^ Semoga saja terlaksana. Hehehe. Melihat kemampuan memasak saya yang masih nol besar, jadi yaa.. semoga masih bisa dimakan saja hasilnya nanti 😀

Iklan