Bismillahirrahmanirrahim

Review platform hari ini adalah salah satu sosial media untuk traveller 😄

Couchsurfing.

Siapa yang kalau travelling atau jalan jalan atau backpackeran, pasti ngitung budget dulu? Buat penginapan, makan, jajan dan sebagainya. Selain tentu juga itenerary nya. Mau kesini atau kesana. Belum lagi kalau bareng teman. Mengatur tujuan yang dimau dan sebagainya. Kalau sendiri, mau kemana aja~

Semua traveler itu mah yaa 😄

Saya termasuk juga dong, walau ga detail banget. Maklum masih pemula. Hhehe.

Namanya sosial media, di CS (singkatan dari Couchsurfing) ada fitur nambah teman juga. Ada inbox dsb.

Platform ini membantu traveler untuk mencari teman di tujuannya. Apakah bisa untuk tempat menginap, atau sekedar ketemuan saja atau lihat suatu event.

Nanti kita bisa saling memberikan testimoni #eeaa tentang sesama anggota CS yang kita temui.

Misal kalau kita menginap di umah seseorang, kita bisa kasi coment tentang tuan rumah kita, gimana hospitality nya, keramahan dan sebagainya. Positif atau negatif.

Pun sebaliknya, jika kita tuan rumah, kita bisa memberikan coment tentang surfer yang nginap di rumah kita. Tentang gimana sikapnya ke tuan rumah, atau gimana nya. Positif atau negatif.

Positif atau negatifnya tuan rumah (host) maupun tamu (surfer) ini menjadi acuan anggota lain yang mau menjamu atau numpang nginep. Kalau banyak negatif yaa mikir-mikir, baik mau nginep maupun menjamu.

Setiap tuan rumah, berhak menentukan tamu yang seperti apa yang boleh nginep di rumahnya.

Pun sebaliknya, tamu boleh milih tuan rumah yang kaya apa yamg mau diinepi.

Atau mau sekedar ketemuan dan chit chat juga bisa.

Karena free, ga bayar, alias gratis, tentu sudah sepantasnya tamu memberikan sesuatu dengan membawa oleh-oleh khas tempat tinggalnya bagi tuan rumah. Walau tidak wajib sih. Pun sebagai tamu kita harus menyediakan waktu untuk ngobrol dengan tuan rumah, bertukar cerita, tukar pengalaman. Itu seru lho!

Pun tuan rumah sepantasnya menjamu tamu. Mininal yaa tempat layak untuk tidur. Ini bukan berarti kamar ya. Ada yg tidur di ruang keluarga atau sharing room sama anggota keluarga. Setiap host punya kebijakan masing-masing, sesuai dengan kebijakan keluarga nya.

Seperti saya, saya hanya mengizinkan perempuan yang menginap di rumah. Karena bakal sekamar sama saya. Dan saya harus izin orang tua dulu. Karena harus izin, maka tamu harus menjelaskan detail informasi pada saya dan saya menyampaikan pada orang tua. Saya sampaikan juga aturan di rumah saya.

Memakai pakaian yg sopan versi orang timur, ketemu dengan orang tua saya, ga bawa alkohol dan merokok juga tidak melakukan hal hal tsb di rumah, jam malam ditepati dsb. Saya juga menyampaikan bahwa di rumah saya pagi di mulai pukul berapa, jam berapa maksimal pulang dsb.

Di CS ini saya bertemu dengan banyak orang dari banyak negara, bahkan ada yang karena akrab nya jadi kaya saudara.

Kapan kapan, saya akan ceritakan teman teman dan tamu tamu saya. Menyenangkan!

Semoga informasi ini bermanfaat!

Tabaarakallahu!

#couchsurfing

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Iklan